Cafe Sawah Pujon kidul Bikin Kagum Peserta AHL 2019

Cafe Sawah Pujon kidul Bikin Kagum Peserta AHL 2019

8 Agu 2019, 16.00
Foto : Plt Buoati Malang bersama ketua AKKOPSI
MALANGSATU.ID - Pujon Kidul membuat kagum para wali kota dan bupati yang tergabung dalam Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) ketika mengunjungi Cafe Sawah di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Kamis 8/8/2019.

Setelah acara pembukaan Advocacy Horizontal Learning (AHL) dipendopo Kabupaten Malang, para wali kota dan bupati Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) mereka bergegas langsung menuju ke Cafe Sawah Pujon Kidul.
Baca juga : 
Bersama dengan Plt Bupati Malang HM Sanusi berkeliling di area Cafe Sawah, mereka terpana melihat setiap sudut  Cafe Sawah.
Mereka terpana melihat cafe sawah yang terletak di tengah persawahan yang membentang ditambah dengan pemandangan pesona perbukitan dan gunung yang memanjakan mata para tamu yang datang, dan sayur-sayur organik yang disuguhkan pun menambah daya tarik di cafe sawah pujon kidul.

Syarif Fasa, Ketua AKKOPSI, mengatakan cafe sawah ini menjadi viral setelah kunjungan presiden beberapa wakyu lalu.

“Setelah kunjungan Bapak Presiden Joko Widodo ini jadi viral. Dan ini banyak kecocokan dengan program kami menggabungkan pariwisata dan sanitasi,”  ujarnya.

Syarif, menjelaskan setiap daerah memiliki sawah, tetapi sawah yang memiliki nilai tambah ini ada di Cafe Sawah Pujon Kidul. Di cafe ini yang berbeda, menonjolkan desa wisatanya.

“Banyak sekali yang bisa dipelajari di sini, bukan hanya membuat sawah tapi memberikan nilai manfaat lebih,” ungkapnya.

Sayrif,  menambahkan bahwa yang perlu dijadikan contoh dari cafe sawah ini bukan hanya sekadar memanfaatkan cafe tetapi juga memberdayakan masyarakat di Desa Pujon Kidul. Juga mampu menggabungkan sanitasi dengan pariwisata.

“Desa ini juga mampu mewujudkan antara sanitasi dan pariwisata. Dan ini yang perlu dicontoh oleh kota dan kabupaten di Indonesia,” pungkasnya. (*)

TerPopuler