Mahasiswa Unira Malang, Latih Pokdarwis Tata Kelola Wisata Desa

Mahasiswa Unira Malang, Latih Pokdarwis Tata Kelola Wisata Desa

13 Agu 2019, 10.45
Foto : Pembukaan pelatihan pokdarwis pandawa lima
MALANGSATU.ID - Potensi alam desa yang dimiliki oleh desa-desa diwilayah Kabupaten Malang, memunculkan banyak desa wisata yang terus berkembang di Kabupaten Malang.
Salah satunya adalah Desa Sukodono Kecamatan Dampit yang memiliki Coban Pandawa limo yang indah.

Banyaknya wisata desa ini menuntut tata kelola yang baik agar wisata desa terus berkembang dan berinovasi sehingga wisata desa terus dikunjungi wisatawan.

Peningkatan SDM pengelola wisata desa ini menjadi perhatian Mahasiswa Unira Malang yang sedang melaksanakan program pengabduan masyarakat KKN-T Unira Malang 2019 yang bertempat di desa Sukodono.

Sejak terjun langsung ke masyarakat khususnya di desa Sukodono, mahasiswa Unira Malang melihat potensi alam yang indah untuk didesain secara kreatif menjadi wisata desa.

Risang, mahasiswa peserta KKN-T Unira Malang 2019, mengatakan bahwa potensi desa Sukodono luar biasa, potensi alamnya bisa dijadikan tempat wisata desa.

"Potensi alam desa Sukodono luar biasa, ada coban yang bisa dikelola jadi tempat wisata desa tapi dibutuhkan pengelola yang memiliki pengetahuan tentang tata kelola wisata desa", ujarnya

Melihat potensi itu, dan setelah melakukan pemetaan, menurutnya perlu adanya peningkatan SDM pengelola wisata desa.

"Sehingga kita sepakati dengan beberaoa anghota pokdarwis untuk melaksanakan pelayihan administrasi dan tata kelola wisata desa", jelasnya
Foto : proses pelatihan pokdarwis
Risang, mengatakan bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan pada tanggal 10/8/2019 bertempat di pinggir Coban Pandawa.

"Kita laksanakan pelatihan ini di Coban pandawa, sehingga peserta paham betul tempat wisata yang akan mereka kelola", jelasnya.

Risang, menyampaikan, selama ini persoalan SDM  memang jadi masalah, mereka selaku pengelola belum sepenuhnya memahami akan tata cara dalam menata administrasi dan laporan keuangan.

"Melalui pelatihan ini kita berharap pengelola wisata desa Sukodono dapat pemgetahuan untuk pengembangan wisata desa ciban pandawa desa Sukofono", ujarnya

Lebih lanjut, Risang mengatakan, bahwa harapan dan keinginan mereka untuk kemajuan wisata ini begitu besar, tak heran warga begitu antusias meluangkan waktunya demi mengikuti pelatihan ini.

“Ya mungkin kalau ada begini (pelatihan ini) kami jadi semangat dalam mengelola wisata ini”. Ujar Pak Sumarno selaku bendahara POKDARWIS.

“Dengan pelatihan seperti ini, akhirnya kami paham bagaimana cara membuat catatan keuangan yang simple”, ujar Sumarno

Sementara,  Miseri seksi kreasi dan keindahan Pokdarwis berharap dengan pelatihan ini dapat pemahaman dalam laporan administrasi dan keuangan.

“Harapan kami supaya pemahaman tentang pelaporan administrasi dan keuangan ini dapat memudahkan kami juga anggota dalam mengembangkan Wisata Coban Pandawa”. Ujarnya. (*)

TerPopuler