"Membaca Malang", Forum Diskusi Untuk Mencari Pemimpin Masa Depan Kabupaten Malang

"Membaca Malang", Forum Diskusi Untuk Mencari Pemimpin Masa Depan Kabupaten Malang

6 Agu 2019, 13.00
Foto : Rektor Unira Malang menjadi Nara sumber FGD membaca malang
MALANGSATU.ID - Lakpesdam NU Kabupaten gelar FGD (focus group discussion) yang dilaksanakan di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya Malang, Selasa 6/8/2019. FGD ini mengambil tema "Membaca Malang" dalam rangka menghadapi gelaran pilkada Kabupaten Malang 2020.

Hadir dalam Forum FGD ini para tokoh dan kader NU yang potensial dan peduli terhadap kondisi Kabupaten Malang.
Termasuk dua kader NU Kabupaten Malang yang digadang-gadang akan maju sebagai calon Bupati Malang 2020, yakni Rektor Unira, DR Hasan Abadi dan Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr H Umar Usman.
Baca juga : 


Ketua PC NU Kabupaten Malang, dr Umar Usman dalam diskusi itu menyampaikan, bahwa Kabupaten Malang adalah kabupaten yang besar dengan segala macam potensinya.

“Di Kabupaten Malang, semua ada, Mau cari apa, di Kabupaten Malang ada. Tinggal pengelolaannya perlu dikembangkan lagi,” ujarnya.

Umar, menambahkan bahwa kegiatan FGD ini perlu ditindaklanjuti dengan forum-forum lainnya. Kedepannya, Ia berharap supaya NU bisa melakukan pembacaan secara utuh tentang potensi dan tantangan Kabupaten Malang.

“Jika hanya membaca Malang dengan waktu singkat ini, yang terbaca hanya covernya saja. Kita perlu forum lanjutan untuk membaca Malang secara utuh,” imbuhnya.

Ia mengaku bahwa kegiatan yang difasilitasi oleh Universitas Brawijaya ini adalah bentuk kehormatan baginya dan warga NU di Kabupaten Malang.

“Terima kasih sudah difasilitasi,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unira Malang, DR Hasan Abadi, dalam forum ini banyak membeberkan soal kekayaan Kabupaten Malang yang sudah diakui banyak pihak. Potensi wisata di Kabupaten Malang adalah peluang sekaligus tantangan bagi masyarakat Kabupaten Malang.
Foto : suasana FGD membaca malang di gedung rektorat UB
“Malang ini kelasnya sudah bukan sopir. Tapi pilot. Karena Malang ini kabupaten besar yang kekayaannya luar biasa. Kita siap lepas landas,” ujarnya.

Hasan mengatakan bahwa ada empat sektor dominan yaitu industri, perdagangan, pertanian dan konstruksi yang perlu dikembangkan. Hal ini dimaksudkan supaya pertumbuhan ekonomi di Malang bisa stabil dan berkembang.

Perlu diketahui bahwa kegiatan FGD Membaca Malang ini digagas oleh Lakpesdam NU Kabupaten Malang, dalam rangka membaca Kabupaten Malang dengan segala potensinya.
Kegiatan ini juga dalam rangka mempersiapkan dan mencari calon pemimpin ideal Kabupaten Malang masa depan.

DR. Taufiqi, ketua Lakpesdam NU Kabupaten Malang yang juga menjabat senagai Firektur pasca Sarjana Unira Malang mengatakan bahwa FGD ini sebagai forum bersama para pemangku kepentingan untuk duduk bersama menemukan potensi, peluang dan solusi untuk Kabupaten Malang kedepan.

"Kami, Lakpesdam memfasilitasi dalam sebuah forum diskusi untuk mengembangkan Kabupaten Malang kedepan yang lebih baik", ujarnya.

Taufiqi, menambahkan bahwa forum ini akan berlanjut dengan beberapa tema lanjutan tentang "membaca malang".

"Akan ada lanjutan forum-forum diskusi terkait membaca malang ini, kita berharap pemangku kepentingan di Kabupaten Malang akan banyak terlibat dalam forum selanjutnya", pungkasnya. (*)

TerPopuler