Plt Bupati Malang, Apresiasi Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa

Plt Bupati Malang, Apresiasi Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa

13 Agu 2019, 11.13
Foto : Sambutan plt bupati malang saat pembukaan BID
MALANGSATU.ID - Plt Bupati Malang buka Bursa Inovasi Desa cluster 2 di res area JLB Bululawang, Selasa 13/8/2019. Gelaran BID ini merupakan Pemkab Malang untuk terus mendorong masyarakat dan Pemerintah Desa agar bisa lahirkan inovasi dan kreativitas guna mendukung percepatan pembangunan desa.

Dalam sambutanya, Plt Bupati Malang HM Sanusi mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pihak Pemerintah Desa (Pemdes) harus terus berupaya lahirkan inovasi dan kreativitas desa sebagai gerakan bersama, supaya bisa menjawab berbagai tantangan lokal, baik di bidang ekonomi, sosial, maupun budaya.

“Seperti di Rest Area JLB ini, tempat ini merupakan hasil dari inovasi dan kreatifitas masyarakat Bululawang. Hingga lahan yang tadinya berupa sawah dan semak belukar, sekarang sudah menjadi tempat yang ramai dan dikenal banyak orang,” ungkapnya,
Foto : pemukulan kentongan pembukaan BID
Sanusi, mengatakan, dengan adanya konsep dalam BID ini bisa melahirkan inovasi dan kreativitas masyarakat dalam terus menggali potensi yang ada, dan mengkolaborasikannya.

“BID kali ini digelar di seluruh negeri dengan mengusung tema Desa Berinovasi Indonesia Unggul, agar bisa memberikan manfaat bagi pengembangan desa dan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sanusi, menambahkan BID 2019 Kluster 2 ini diikuti seluruh desa yang ada di Kecamatan Pakis, Jabung, Tumpang, Poncokusumo, Wajak, Tajinan dan Bululawang.

“Saat ini, di Kabupaten Malang, sudah banyak desa yang berinovasi. Seperti, Desa Pujon Kidul, Pujon, dengan Cafe Sawahnya, mereka bisa memiliki aset yang mencapai Rp 12 Miliar, selain itu juga Boonpring di Turen dan Sumbermaron di Pagelaran,” pungkasnya. (*)

TerPopuler