Sambut Idul Adha, Posdaya Unira Malang Gelar Mlaku-mlaku Oncoran Di Desa Ngasem

Sambut Idul Adha, Posdaya Unira Malang Gelar Mlaku-mlaku Oncoran Di Desa Ngasem

10 Agu 2019, 21.00

Foto : Ketua BPD Ngasem (Eko Yusup Wahyudi)saat pemberangkatan mlaku-mlaku oncoran
MALANGSATU.ID - Sambut dan memeriahkan hari raya Idul Adha yang akan jatuh pada hari Minggu 11/8/2019 besok, dengan berbagai kreasi yang dilakukan oleh banyak umat muslim, begitu juga yang dilakukan oleh warga Desa Ngasem Kecamatan Ngajum, dalam rangka menyambut hari raya idul adha 1440 H tahun 2019, Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) binaan Universitas Islam Raden Rahmat Malang bersama dengan komunitas 87, menggelar pawai takbiran yang dikemas dengan kegiatan "mlaku-mlaku Oncoran", Sabtu 10/8/2019 malam.

Eko Yusup Wahyudi, Ketua BPD Desa Ngasem mengatakan, bahwa kegiatan Mlaku-mlaku Oncoran malam takbiran ini di inisiasi oleh Program Podaya Unira Malang bersama Komunitas 87 Desa Ngasem.
Baca juga :


"Dalam rangka memeriahkan malam takbiran Idul Adha, dan sebagai rasa syukur kami, kegiatan ini kami kemas dalam mlaku-mlaku oncoran", ujarnya.

Yusup menyampaikan bahwa warga antusias mengikuti kegiatan ini.

"Pesertanya banyak sekali, diluar perkiraan kami, semua warga antusias, mulai anak anak hingga dewasa, bukan hanya emak-emak saja yang ikut bahkan embah-embah ikut berpartisipasi untuk memeriahkan mlaku-mlaku oncoran ini", jelasnya
Foto : Antusias warga mengikuti mlaku-mlaku oncoran
Yusup menambahkan bahwa kegiatan ini tidak ada panitia yang terstruktur, karena masih kentalnya budaya gotong royong dan adanya kearifan lokal, maka kegiatan ini bisa berlangsung meriah.

"Saya bersyukur bisa semeriah ini, padahal tidak ada panitia khusus, ini murni hasil gotong royong warga, sehingga gema takbir menggema didesa kami", ujarnya

Lebih lanjut, Yusup menambahkan bahwa dirinya berterima kasih kepada Unira Malang, yang telah menjadikan desanya sebagai sasaran program Posdaya.

"Sebagai ketua BPD Desa Ngasem, saya berterima kasih kepada Unira Malang, program ini sangat membantu desa kami", ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa program Posdaya ini berdiri mulai tahun 2016 atas binaan dari Unira Malang, dimana pada saat itu tidak mendapatkan perhatian dari masyarakat, tapi lambat laun masyarakat mulai percaya dan mendukung program ini, karena program posdaya semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta selalu ada hal yang unik untuk meramaikan kampung. (*)

TerPopuler