Lantunan Mars Yalal Wathon Ribuan Santri, Lepas Hakam Mabruri Keliling Afrika

Lantunan Mars Yalal Wathon Ribuan Santri, Lepas Hakam Mabruri Keliling Afrika

10 Sep 2019, 11.00
Foto : acara seremonial pemberangkatan Hakam mabruti di aula Yaqowiyu annur 2 malang
MALANGSATU.ID - Dengan diiringi Lantunan lagu "Yaalal Wathan" oleh ribuan santri Pondok Pesantren Annur 2 Bululawang Kabupaten Malang, melepas keberangkatan Hakam Mabruri, Selasa 10/9/2019 pagi. Bersepeda mengelilingi Afrika.
Hakam akan melakukan midi Holy Journey ke 2 membawa misi perdamaian dalam tour 14 negara dibenua afrika.

Keberangkatan Hakam dengan misi perjalanan suci ini juga dilepas penuh haru. Setelah sempat menggendong putri kecil dan memeluk isterinya, sekitar pukul 9.30 WIB ia dilepas dengan pengibasan bendera Merah-Putih.

"Tour dunia kali ini membawa misi mengkampanyekan Islam for Peace. Saya juga mewakili santri pondok pesantren ini untuk kampanye itu," ujar Hakam Mabruri.

Hakam, memilih Benua Afrika karena memang memiliki daya tarik sekaligus tantangan tersendiri.

"Afrika itu seksi. Bisa dikatakan sebagai Ibu Bumi. Banyak permasalahan yang muncul di negara ini. Selama ini memang terkenal serem, tapi Saya ingin menggali (membuktikan) bahwa Afrika itu juga indah," ungkapnya.
foto : Pemberangkatan Hakam mabruri diantar ribuan santri annur malang
Sebelum pelepasan Hakam, sempat dilakukan acara bersama ribuan santri Ponpes Annur 2 di Aula Yaqowi. Secara simbolis, Hakam sempat diberi satu paket bekal perjalanan tour dunianya, diantaranya air kemasan dalam botol dan sejumlah uang.

Secara khusus, Hakam juga dititipi dua bendera, yakni bendera putih bertuliskan Pondok Wisata Annur dan Hari Santri Nasional.

Dua bendera ini sebagai perlambang bahwa santri ponpes juga memiliki pemikiran maju dan toleran.

Dalam sambutannya, pengasuh Ponpes Annur Bululawang KH Fathul Barri menyampaikan, tanggal 10 Muharram sebagai hari keberangkatan tour Afrika ini, diharapkan penuh berkah bagi Hakam Mabruri.

Kyai Fathul Barri, mengatakan, bulan Assyura penuh pertolongan seperti yang dialami para Nabi terdahulu dan berpesan kepada Hakam untuk pertama kali ingat dan memegang teguh niatnya.

"Saya pesan Cak Hakam, berbekalah taqwa. Selama perjalanan jangan melupakan salat lima waktu secara istiqamah," pungkasnya. (*)

TerPopuler