Bupati Malang Buka Bimbingan Pemantapan SDM PKH, Untuk Tekan Angka Kemiskinan Di Kabupaten Malang

Bupati Malang Buka Bimbingan Pemantapan SDM PKH, Untuk Tekan Angka Kemiskinan Di Kabupaten Malang

7 Nov 2019, 15.30
Foto : Bupati Malang membuka bimbingan pemantapan SDM PKH 
MALANGSATU.ID - Bupati Malang HM Sanusi, membuka Kegiatan Bimbingan Pemantapan SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Malang Tahun 2019, di salah satu rumah makan di Kepanjen, Kamis 7/11/2019.

Bupati Malang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Keberhasilan pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam menekan angka kemiskinan di Kabupaten Malang sangat tergantung pada komitmen, dedikasi, loyalitas serta tanggung jawab Sumber Daya Manusia (SDM) Pelaksana PKH.

“SDM PKH sebagai elemen penting yang merupakan ujung tombak pelaksanaan PKH di lapangan,” ujarnya.

Bupati Malang, HM Sanusi, menambahkan bahwa berdasarkan data di Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten Malang, tercatat ada 95.384 keluarga penerima manfaat (KPM). Untuk itu, diharapkan para pendamping PKH bisa menjaga profesionalisme serta integritasnya, agar tepat sasaran hingga berdampak pada berkurangnya angka kemiskinan.
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi berfoto bersama fasilitator PKH Kab malang
“Dengan begitu, sangat dibutuhkan tenaga-tenaga yang profesional. Peran pendamping sebagai katalisator dan fasilitator yang terlibat langsung membantu memecahkan persoalan KPM dengan cara memberi motivasi, menjadi sumber pengetahuan, membangun konsensus bersama, dan membangkitkan kesadaran masyarakat serta interaksi antara pendamping PKH dengan lembaga-lembaga eksternal,” jelasnya.

Bupati Malang kemudian melanjutkan, bahwa pengentasan kemiskinan menjadi salah PR terbesar Pemerintah, bukan hanya di daerah tapi juga pusat. Melihat kondisi itu, maka harus ada kerja keras dari semua pihak untuk menjadikan para KPM supaya dapat mandiri.

“Sebagaimana diketahui, kemiskinan saat ini masih menjadi salah satu tantangan terbesar bagi proses pembangunan di negara kita. Penanggulangan kemiskinan senantiasa menjadi prioritas pembangunan nasional dan daerah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinsos Pemkab Malang, Nurhasyim mengatakan jika pengetahuan dan ketrampilan para pendamping PKH memang perlu terus ditingkatkan.

“Hal itu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas PKH dalam meningkatkan kinerja untuk pengentasan kemiskinan di Kabupaten Malang. Ada 277 orang pendamping PKH disini,” pungkasnya. (*)

TerPopuler