PKB dan PCNU Kabupaten Malang Peringati Haul Gus Dur ke-10

PKB dan PCNU Kabupaten Malang Peringati Haul Gus Dur ke-10

11 Jan 2020, 19.00
Foto : Sambutan Bupati Malang dalam acara peringatan haul Gus Dur
MALANGSATU.ID - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang dan PKB Kabupaten Malang menggekar peringatan Haul Gus Dur ke-10  di Gedung Serba Guna NU di Krapyak, Kepanjen, Sabtu 11/1/2019.

Peringatan Haul Gus Dur ke 10 kali ini mengambil tema "Gus Dur Spirit Melayani Ibu Pertiwi". Kegiatan ini dikemas dalam bentuk doa bersama doa dan istighosah.

Hampir seluruh tokoh NU dan PKB Kabupaten Malang hadir dalam acara haul Gus Dur Kali ini, diantaranya Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM, Ketua MUI Kabupaten Malang, KH Fadhol Hija, DPC PKB Kabupaten Malang, H Ali Ahmad, Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr H Umar Usman serta Rektor Unira Malang, Dr Hasan Abadi MAp. Hadir pula dalam kesempatan itu, pengurus DPC PKB Kabupaten, pengurus PCNU Kabupaten Malang, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh pengurus Banom NU.

Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM dalam sambutanya mengatakan bahwa  memperingati Haul Gus Dur menjadi hal yang sangat penting bagi keluarga besar NU dan PKB. Karena Gus Dur sebagai guru bangsa yang juga sangat membanggakan bagi NU dan PKB, serta untuk mengenang jasa yang telah dilakukan oleh Gus Dur untuk bangsa ini.

"Haul Gus Dur ini sekaligus juga untuk mendoakan almarhum Gus Dur. Karena umat Islam wajib mendoakan sesama, khususnya alim ulama," ujarnya.

Bupati Malang menyebutkan, bahwasanya banyak yang telah diperbuat oleh Gus Dur. Diantaranya terkait pluralisme, toleransi, perdamaian, serta kerukunan antar umat beragama.

"Gus Dur ini merupakan Bapak Bangsa yang meletakan pondasi keanekaragaman dalam berbangsa serta bernegara," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Malang dr. Umar Usman menyampaikan bahwa peringatan haul Gus Dur ini merupakan bentuk penghormatan kepada Gus Dur sebagai guru bangsa.

"Gus Dur akan selalu dikenang sepanjang sejarah, karena Gus Dur berhasil menjaga persatuan dan keutuhan bangsa ini, dimana ketika Gus Dur jadi presiden, negara ini diambang disintegrasi bangsa", ujarnya.

Ketua PCNU Kabupaten Malang juga menyampaikan bahwa peringatan haul Gus Dur ini untuk mengingatkan kembali akan peran vesar yang sudah dilakukan Gus Dur.

"Banyak pelajaran berharga yang dapat kita petik dan tauladani dari perjalanan hidup Gus Dur", ujarnya.

Kegiatan haul Gus Dur ini juga dihadiri oleh perwakilan pengurus MWCNU se Kabupaten Malang dan pengurus PKB se Kabupaten Malang. (*)

TerPopuler