Minim Tenaga Bilal, Takmir Masjid Jamik Baiturrohim Gelar Pelatihan Bilal Jumat dan Hari Raya

Minim Tenaga Bilal, Takmir Masjid Jamik Baiturrohim Gelar Pelatihan Bilal Jumat dan Hari Raya

9 Feb 2020, 12.00
Foto : Pelatihan Bilal sholat jumat dan hari raya di masjid Baiturohim curungrejo
MALANGSATU.ID - Takmir masjid Jamik Baiturrohim di Desa Curungrejo, Kepanjen, Kabupaten Malang, menggelar pelatihan Bilal sholat jumat dan hari raya, Minggu 9/2/2020.
Sebanyak 65 peserta mengikuti Pelatihan Bilal Jumat dan Hari Raya.

Hadir sebagai pemateri dakan pelatihan ini menghadirkan Imam Masjid Besar Baiturrahman Kepanjen dan sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidil Quran Nurul Mustofa KH Muhammad Zain.

Ketua Takmir Masjid Jamik Baiturrohim Moh Iksan mengatakan, kegiatan pelatihan Bilal ini baru diadakan pertama kali. Yang dilatar belakangi oleh kurangnya tenaga di Bilal di setiap Masjid.

"Dampak dari kurangnya tenaga bilal jumat dikhawatirkan mempengaruhi berjalannya syariat Islam terutama ibadah Salat Jumat. Sehingga dirasa sangat perlu adanya tenaga bilal jumat yang siap apabila  dibutuhkan  sewaktu-waktu," ujarnya 
Foto : M. Iksan, ketua takmir masjid baiturohim
M.Iksan juga menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan ini juga untuk menyipakan bilal-bilal sholat jumat yang memiliki pemahaman yang benar tentang tata cara dan bacaan sebagai bilal.

"Tujuannya menyiapkna bilal yang betul-betul faham ttaa cara dan bacaan bilal yang benae serta untuk memberikan pemahaman strategi dan metodologi dakwah serta mengajak ummat Islam untuk kembali kepada al Quran dan as Sunnah sesuai dengan pemahaman para Salafush-shalih," ujarnya.

Lebih lanjut, M. Iksan menambahkan bahwa kegiatan pelatihan tersebut mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Karena pelatihan Bilal masih jarang dilakukan oleh masjid maupun lembaga Islam lainnya.

"Dari DMI (Dewan Masjid Indonesia) dan UNISMA  akan menyelenggarakan pelatihan yang sama, setelah mengetahui kegiatan yang kami selenggarakan kali ini," tuturnya.

Iksan mengatakan, para peserta yang mengikuti Pelatihan Bilal Jumat dan Hari Raya di
Masjid Jamik Baiturrohim di Kabupaten Malang ini mendapatkan sertifikat pelatihan dan seorang peserta terbaik mendapat apresiasi berupa piala dari Rektor Unira Malang. (*)

TerPopuler